4 Hal yang harus kamu ketahui sebelum mengganti RAM

4 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop5

Ketika laptop terasa lemot ketika menjalankan game atauaplikasi-aplikasi berat seperti aplikasi desain, RAM merupakan salah satu kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut. RAM adalah media penyimpanan data sementara untuk aplikasi-aplikasi yang sedang dijalankan sehingga ketika lebih dari satu aplikasi dijalankan dalam satu waktu atau aplikasi yang dijalankan tergolong berat, sedangkan RAM yang dimiliki berkapasitas kecil maka akan berdampak pada kelancaran aplikasi yang sedang digunakan.

Hal seperti ini sering disebut sebagai bottleneck dimana salah satu hardware (dalam kasus ini RAM) menggangu kinerja keseluruhan sistem karena kemampuan/spesifikasi hardware yang terlalu rendah dibandingkan dengan hardware lainnya dalam sistem.

RAM bawaan laptop biasanya memang tergolong kecil dan tidak mendukung hardware-hardware lain di laptop untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat dengan lancar. Hal itu disebabkan karena kebanyakan pabrikan laptop memang mempersilahkan pengguna untuk menambah atau mengganti RAM sesuai dengan kebutuhanmasing-masing, serta RAM bawaan hanya disesuaikan dengan standar kebutuhan laptop agar dapat berjalan dengan baik untuk menjalankan aplikasi-aplikasi menengah sampai ringan.

4 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop

Jika kamu berpikir untuk menambah atau mengganti RAM di laptop, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Karena jika kamu menambah atau mengganti RAM lebih dari batas kapasitas maksimal, maka RAM yang terbaca hanya akan sebesar kapasitas maksimal saja dan menyebabkan kerugian dari sisi budget. Kalau tidak mau rugi, maka sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut dalam menambah RAM laptop:

1. Sistem Operasi

sistem operasi

Sistem operasi yang banyak digunakan saat ini adalah sistem operasi Windows mulai dari seri Windows 7 sampai dengan Windows 10. Laptop yang memiliki sistem operasi 32 bit, sampai dengan seri Windows yang terbaru yakni Windows 10 Enterprise memiliki batas maksimal kapasitas RAM sebesar 4 GB sedangkan jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 7 Starter, batas maksimal kapasitas RAM hanya sebesar 2GB.

Laptop dengan sistem operasi 64 bit memiliki batas maksimal kapasitas RAM sampai dengan 2TB pada Windows 10 Enterprise sedangkan Windows 7 Home Basic memiliki batas maksimal kapasitas RAM terkecil pada sistem operasi 64 bit yakni sebesar 8GB. Sistem operasi yang digunakan di laptop dapat dilihat padaProperties Computer yang akan menampilkan informasi sistem operasi yang digunakan pada bagian Windows Edition dan bit yang digunakan pada system type. Jika sudah mengetahui sistem operasi serta bit yang digunakan, batas maksimal kapasitas RAM sistem operasi dapat dicek di website Microsoft.

2. Dukungan Prossesor

Prossesor

Tips sebelum menambah RAM laptop juga berkaitan dengan prosesor. Poin ini juga memiliki batas kapasitas RAM yang dapat terbaca. Website Intel menyediakan informasi tentang batas kapasitas RAM untuk setiap prosesor dari pabrikan mereka. Informasi tersebut dapat dilihat di ark.intel.com dimana untuk melihat informasi tersebut, kalian akan diminta untuk memilih jenis prosesor lalu informasi detail tentang batas kapasitas RAM berada pada bagian memory specification. Tiga hal penting yang perlu diperhatikan yakni Max Memory Size(batas maksimal RAM), Memory Types (tipe memori), dan Max # of Memory Channels (channel memori/berapa keping RAM yang dapat terbaca).

memory specification

Jika ingin lebih praktis, ada sebuah website yang menyediakan jasa scan sistem laptop untuk mengetahui informasi tentang spesifikasi RAM yang cocok untuk laptop, slot RAM yang tersedia, serta batas maksimal kapasitas RAM yakni Crucial. Cara melakukan scan dengan menggunakan bantuan dari Crucial adalah dengan men-download aplikasinya terlebih dahulu, setelah itu jalankan aplikasinya lalu tunggu hingga proses scanselesai dan hasil scan akan ditampilkan di browser.

crucial

3. Ketersediaan Slot

slot ram

Tidak semua laptop memiliki slot RAM lebih dari satu. Slot RAM pada laptop dapat diketahui dengan cara membuka bagian bawah laptop dan bisa juga via Crucial. Jika slot RAM pada laptop hanya satu, maka yang bisa dilakukan adalah mengganti RAM. Tetapi, jika lebih dari satu maka kita dapat menambah RAM pada slot yang masih kosong dengan catatan RAM di kedua slot memiliki spesifikasi yang sama. Ada juga laptop dimana slotRAM yang tersedia hanya satu dan tidak bisa dilepas/diganti (tertanam di motherboard). Jadi pastikan setidaknya laptop memiliki slot RAM yang dapat dilepas/diganti.

4. Garansi Laptop

garansi

Garansi pada laptop biasanya terletak pada salah satu lubang sekrup di bagian bawah laptop. Garansi akan dianggap hangus ketika kita mengganti RAM karena proses penggantian/penambahan RAM dilakukan dengan membuka casing bagian bawah laptop. Jadi, pastikan sebelum menambah atau mengganti RAM, garansi laptop sudah habis atau memang sudah merelakan garansi tersebut hangus.

Bonus

RAM bawaan

Bawalah RAM bawaan laptop untuk dicek oleh teknisi toko karena biasanya pada RAM bawaan terdapatspesifikasi lengkap tentang RAM yang paling compatible dengan laptop kita. Setelah teknisi mengetahui spesifikasi lengkap RAM, kita tinggal menyesuaikan untuk menambah atau mengganti RAM sesuai denganbudget.

Nah, itulah hal-hal yang wajib kamu tahu sebelum mengganti atau menambah RAM pada laptop milikmu. Sematkan komentarmu pada kolom komentar di bawah ya.

  1. Sumber: https://jalantikus.com/tips/4-hal-yang-wajib-kamu-tahu-sebelum-mengganti-atau-menambah-ram-laptop/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s